Teknologi

Ini Yang Perlu Dipersiapkan Perusahaan Logistik Untuk Beradaptasi Dengan Teknologi Digital

Berada di dalam era digital seperti sekarang, tidak bisa menghindari terhadap tuntutan penggunaan teknologi digital di dalam menjalankan suatu usaha. Berbagai bidang telah dituntut untuk menggunakannya tidak terkecuali juga dengan perusahaan logistik.

Ini Yang Perlu Dipersiapkan Perusahaan Logistik Untuk Beradaptasi Dengan Teknologi Digital

Di Indonesia, penetrasi pengguna internet yang semakin masif dan siginifikan pertumbuhannya, memunculkan berbagai perubahan, tidak terkecuali juga perubahan dalam pola berbisnis. Di dalam era digital saat ini, berbagai kemudahaan diberikan sehingga memunculkan berbagai cara baru, termasuk di dalamnya memakai teknologi digital sebagai salah satu strategi di dalam menjalankan perusahaan logistik.

Ada beberapa hal yang perlu perusahaan logistik anda persiapkan sebelum menjalankan strategi dengan menggunakan teknologi digital, artikel ini akan memberikan rangkumannya untuk anda.

Ada lima pertanyaan yang harus anda paparkan di sini, sebelum kita melangkah lebih lanjut untuk memanfaatkan teknologi digital sebagai strategi perusahaan.

1. Apakah perusahaan logistik anda sudah menggunakan komputer untuk melakukan pendataan?

Komputer adalah perangkat wajib untuk perusahaan logistik anda jika ingin menerapkan teknologi digital. Dengan komputer akan membantu pekerjaan anda serta pencatatan anda yang lebih sistematis.

2. Sudahkah perusahaan logistik anda mempunyai akses internet?

Akses internet merupakan media komunikasi yang wajib anda gunakan di perusahaan logistik anda. Komunikasi dengan vendor anda serta dengan customer anda dapat lebih mudah jika anda menggunakan internet. Selain itu kemudahan mendapatkan informasi juga bisa didapatkan dengan menyediakan akses internet di perusahaan logistik anda.

3. Apakah perusahaan logistik anda mempunyai email?

Perusahaan logistik anda harus mempunyai email. Akan lebih baik lagi jika anda bisa menggunakan email yang menggunakan nama domain yang mereprentasikan nama perusahaan anda. Email wajib dimiliki oleh perusahaan logistik yang berorientasi pada pemanfaatan teknologi digital.

4. Coba cari di mesin pencari google, apakah perusahaan logistik anda tampak di sana?

Ketikkan nama perusahaan logistik anda di mesin pencari google, apakah nama perusahaan anda keluar di dalam daftar mesin pencari tersebut. Saat ini, sangat lazim jika orang mencari segala informasi di mesin pencari google, termasuk informasi mengenai perusahaan anda. Semisal jika ada calon customer yang ingin mengetahui tentang perusahaan anda, tentu mereka akan melihat informasi perusahaan anda di internet.

5. Apakah sudah menggunakan aplikasi untuk menjalankan operasional perusahaan logistik anda, terutama di dalam pencatatan data dan transaksi?

Bagaimana cara anda menjalankan kegiatan operasional perusahaan logistik anda? Apakah sudah ada aplikasi yang membantu pencatatan setiap kegiatan dan transaksi anda? Aplikasi sangat diperlukan untuk mencatat setiap transaksi kegiatan perusahaan agar lebih sistematis dan terstruktur. Selain itu, data yang sistematis dan terstruktur tersebut akan membantu anda melakukan analisa ke depan sebelum berpikir dan melangkah untuk melakukan strategi ke depan.

Pastikan bahwa perusahaan logistik anda berhasil menjawab YA pada kelima pertanyaan tersebut. Mengapa? Karena kelima hal tersebut adalah syarat wajib untuk perusahaan logistik anda bisa dikatakan menggunakan teknologi digital. Jika masih ada satu atau lebih pertanyaan yang masih dijawab tidak, segeralah melakukan koreksi dan pembenahan terhadap poin tersebut.

Yang perlu perusahaan logistik anda pastikan bahwa di dalam kompetisi dengan perusahaan logistik lainnya, pastikan anda berada pada posisi yang sama dengan juga menerapkan teknologi digital. Jika anda sudah berhasil menjawab YA pada kelima pertanyaan tersebut, barulah kita bisa mengatur bagaimana strategi memenangkan kompetisi dengan menggunakan teknologi digital. Mengenai strategi ini, saya akan paparkan di tulisan saya selanjutnya.

Artha Nugraha Jonar
Berpengalaman mengelola warehouse, transportasi dan teknologi informasi di perusahaan penyedia jasa layanan logistik. Saat ini bekerja di sebuah perusahaan logistik di Surabaya.
http://www.arthanugraha.com

Leave a Reply