warehouse

Menentukan Lokasi Warehouse

Menentukan Lokasi Warehouse
sumber: scielo.org.za

Salah satu poin penting bagi perusahaan adalah mengambil keputusan strategis untuk menentukan letak lokasi warehouse. Contohnya dalam menempatkan lokasi fullfillment center yang membutuhkan lokasi dengan karakteristik dengan kriteria tertentu misalnya kebutuhan pada aspek pengiriman barang seperti lokasi yang harus dekat dengan jalan raya, dekat dengan hub point dari perusahaan kurir (untuk meminimalkan waktu yang dibutuhkan). Contoh lainnya adalah pengelola retailer yang biasanya akan memilih lokasi yang berdekatan dengan pelanggan mereka.

Pemilihan lokasi warehouse memerlukan beberapa kriteria, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Ada dua belas faktor spesifik yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan lokasi warehouse antara lain:

  1. Biaya sewa atau harga beli properti
  2. Akses ke jaringan transportasi
  3. Kedekatan dengan hub multimoda
  4. Ketersediaan tenaga kerja yang terampil dan salary yang terjangkau
  5. Jaringan transportasi untuk staf
  6. Ketersediaan bangunan
  7. ketersediaan fasilitas penunjang seperti listrik, air dan telekomunikasi
  8. ketersediaan keuangan dan sumber daya lainnya
  9. Arus lalu lintas barang
  10. Kedekatan dengan pelabuhan dan atau bandara
  11. Lokasi pemasok dan titik manufacturing
  12. Tetangga sekitarnya

Dari keduabelas hal tersebut, jika disimpulkan maka ada tiga hal yang paling untuk diperhatikan antara lain:

  1. Kedekatan dengan jaringan ekonomi
  2. Biaya transportasi
  3. Biaya property

Sesuai perkembangan jaman, tentunya pemilihan lokasi warehouse akan mengalami perubahan juga. Di masa depan pemilihan lokasi warehouse akan ditentukan oleh hal berikut:

  1. Ketersediaan staf yang berkualifikasi
  2. Peningkatan volume perdagangan global
  3. Perbaikan infrastruktur.

Transaksi elektronik yang semakin meningkat juga menimbulkan perbedaan pada faktor pemilihan lokasi warehouse. Untuk menentukan warehouse pada perusahaan yang berbasis e-commerce bisa melakukan analisa berdasarkan hal berikut:

  1. Biaya beli/sewa property
  2. Tenaga kerja yang terjangkau
  3. Tersedia ruang untuk ekspansi
  4. Dekat dengan hub perusahaan kurir
  5. Dekat dengan jaringan jalan raya
  6. Berada di pusat penyebaran distribusi
  7. Dekat dengan konsumen
  8. Adanya insentif pemerintah
  9. Dekat dengan tenaga kerja terampil.
Artikel ini Juga Menarik:   Apa itu Warehouse

Saat ini sudah tersedia beberapa software yang bisa membantu untuk menentukan lokasi warehouse. Beberapa dari software ini bekerja berdasarkan perhitungan volume dengan meminimalkan jarak warehouse dari pelanggan dan juga pemasok untuk mencapai efisiensi pada biaya transportasi.

Artha Nugraha Jonar
Berpengalaman mengelola warehouse, transportasi dan teknologi informasi di perusahaan penyedia jasa layanan logistik. Saat ini bekerja di sebuah perusahaan logistik di Surabaya.
http://www.arthanugraha.com

Leave a Reply